Kaur, Swara Bengkulu – Sekda Kaur H.Nandar Munadi, S.Sos. M.Si pada hari ini (17/4) membuka acara Rapat Monitoring dan Evaluasi “Pengendalian, Pelaporan Pelaksanaan Program dan Kegiatan Kabupaten Kaur Triwulan 1 Tahun 2018” di aula Bappeda dan Litbang Kabupaten Kaur.

Masing-masing OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur sudah mulai menjalankan kegiatan di tahun ini namun sampai hari ini masih ada beberapa OPD yang memiliki beberapa kendala. Secara umum permasalahan pada masing – masing OPD hampir sama dan ada beberapa OPD yang terkendala pada Nomor Rekening seperti Dinas Perikanan yang tidak sesuai dengan semestinya, ini belum bisa dilakukan pencairan sehingga harus menunggu pada saat DPPA untuk RSUD terkendala pada tanggal kontrak alat kesehatan 15 Juli sedangkan Rapat Monev pada tanggal 12 Juli, jadi belum bisa dilaporkan. Mutasi pejabat Elson pun menjadi salah satu sumber permasalahan lambatnya pencairan, secara umum pada saat dilakukan Rapat Monev beberapa OPD sudah melakukan pencairan melebihi yang dilaporkan ke Bappeda dan Litbang tapi belum selesai membuat laporan keuangan.

Sekda Kaur H.Nandar Munadi, S.Sos. M.Si sangat menyayangkan dan prihatin akan permasalahan-permasalahan semacam ini karena seluruh kegiatan ini sudah terencana dari sebelumnya dari itulah setiap kegiatan ,itu harus diperhatikan sejauh mana kegiatan ini berjalan dlm membuat dan mengkaji pastikan betul aitem-aitem kegiatan, jangan sampai ada pergeseran karena kesalahan dan jangan sampai anggaran itu pas dijalan ada kendala.  Kalau seluruh kegiatan sudah tersusun dan terjadwal maka kegiatan itu akan berjalan sebagaimana mestinya.

Evaluasi ini tidak kita lalukan kalu semua kegiatan dipercepat semestinya semua program kegiatan sudah disusun dari awal, ini harus menunggu semua kegiatan dikerjakan dibulan desember akhirnya pekerjaan menumpuk dan gelabakan kalau waktu sudah memet kapan lagi pekerjaan itu akan terselesaikan dan hal seperti ini jangan dibudayakan, kata Sekda Kaur.

Segala kendala akan teratasi apabila kegiatan tersebut selalu kita pantau dan awasi. jangan sampai program kegiatan itu sudah berjalan, setelah ada permasalahan yang serius baru dideteksi.  Evaluasi harus dilakukan dari setiap OPD jangan sampai hanya Bappeda dan Litbang saja supaya memastikan kalau kegiatan tersebut berjalan dengan sebagaimana mestinya, intinya kita hanya ingin mengetahui apakah kegiatan ini sudah berjalan apa belum dan bagi OPD yang masih memiliki kendala segera diselesaikan karena mengingat waktu tinggal 8 bulan lagi, tegas Sekda Kaur.

Dalam acara Rapat Monotoring dan Evaluasi ini dihadiri seluruh perwakilan OPD se -Kabupaten Kaur, namun tidak dihadiri oleh pihak Sekwan. (Zahri/SB).