Provinsi Bengkulu, Swara Bengkulu – Dalam Rangka Lahirnya Pancasila Himpunan Mahasiswa Pidana (Himapidi) melaksanakan Diskusi Publik “Hukum Pancasila Dalam Pemperingati Hari lahirnya Pancasila, dan acara tersebut langsung dihadiri oleh H,Ahmad Kanedi, SH, Anggota DPR RI Dapil Bengkulu dan  Pakar Hukum Herlambang SH.M/Ak

Kepala Prodi. Ibu.Merita Erike  (1/6/2018) sekitar pukul 16.00 WIB di rumah Pengasingan Bung Karno Bengkulu.

Herlambang Menyampaikan “Tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai hari lahir Pancasila, dasar negara yang menjadi pemersatu dari Sabang sampai Merauke Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan”) pada tanggal 1 Juni 1945.Berfungsi sebagai acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Menjadi sumber utama dalam peraturan-peraturan negara, Berfungsi sebagai perjanjian luhur, Menjadi falsafah dalam kehidupan bangsa indonesia.”.

Sedangkan Bang Ken panggilan akrab Ahmad kanedi, Menyampaikan “Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara. … Berikut ini akan saya berikan makna dari pancasila yang 5 mulai dari Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Makna dan Arti Sila Ketuhanan yang Maha Esa memiliki arti sebagai bentuk pengakuan adanya kuasa yang satu yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Memberikan kebebasan dan keamanan dalam memeluk dan beribadah menurut kepercayaan agamanya masing-masing.Tidak memberikan paksaan terhadap warga-warganya untuk memeluk suatu agama atau berpindah ke agama lain. Memberikan jaminan perkembangan dan pertumbuhan ajaran agama masing-masing. Negara memberikan kebebasan dan menjadi fasilitator bagi tumbuh kembang agama yang di anut oleh masyarakatnya.

Makna dan Arti Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Memberikan hak dan kewajiban kepada masyarakatnya dalam mengeluarkan pendapat sebagai bukti keadilan. Kemerdekaan merupakan hak setiap masyarakat Indonesia, mereka berhak mendapatkan kebebasan dan keamanan dalam kehidupan mereka. Menegakkan keadilan dan menjunjung tinggi kemerdekaan bagi setiap rakyat Indonesia. Makna dan Arti Sila Persatuan Indonesia. Dan saya juga Berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar kita selalu memahami apa itu makna dari Pancasila. (Ameng /SB)