Swara Bengkulu, Provinsi Bengkulu- Pelaksanaan Kagiatan Puncak Peringatan Bulan Bhakti Pancasila yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu bertempat di rumah pengasingan Bung Karno anggut atas dengan rangkaian acara jalan sehat, pertunjukan seni dan budaya. kegiatan ini juga di hadiri oleh Kementrian Dalam Negri yang dalam hal ini di wakilkan oleh Sekretaris Jendral Kemendagri Hadi Prabowo.

Dalam kata sambutan Plt. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyampaikan suatu kebanggan tersendiri mendapat penghormatan menjadi tuan rumah Puncak Peringatan Bulan Bhakti Pancasila.

“Dengan ditetapkannya provinsi Bengkulu menjadi tuan rumah hari Puncak Bulan Bhakti Pancasila tahun 2018  merupakan suatu penghormatan tersendiri dan rasa cinta kita pada sejarah yang ada di Provinsi Bengkulu, terang Rohidin”.

Rohidin Mersyah juga mengajak seluruh masyarakat provinsi Bengkulu untuk memaknai bulan bhakti pancasila ini dengan positif dan betul-betul mendalam.

“Bahwa pancasila harus betul-betul menjadi sebuah nilai ideologi, harus betul-betul menjadi sebuah ideologi pemersatu mengikat kebersamaan sebagai anak bangsa dan jauh lebih penting dari itu akan menjamin eksistensi dan kedaulatan bangsa, sehingga bangsa kita betul-betul jaya di mata dunia berdaulat secara ekonomi, berdaulat secara politik dan keberagaman yang kita miliki betul-betul menjadi kekayaan yang membanggakan untuk membangun provinsi Bengkulu dan Indonesia secara keseluruhan.

Selanjutnya Sekjen kemendagri, Hadi Prabowo mewakili Kemendagri menyampaikan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Lahir Pancasila 2018 melalui Kepres No 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

“Bahwa hari ini merupakan hari terakhir rangkaian kegiatan Peringatan Hari Lahir Pancasila 2018. Banyak kegiatan untuk mengisi peringatan hari lahir pancasila dimulai pada tanggal 01-30 juni antara lain : pemugaran situs bungkarno, pembersihan taman renungan, pembersihan situs rumah pengasingan bung karno pembersihan dan mengecatan makan bung karno, forum dialog revitalisasi nilai-nilai pancasila, trisakti, nawacita, upacara bendera, upacara penutupan peringatan hari lahir pancasila, papar Hadi Prabowo.”

Pantauan awak media Swara Bengkulu di lokasi, kegiatan yang dipusatkan di halaman Rumah pengasingan Bung karno ini di isi dengan pertunjukan seni budaya dari Kabupaten/Kota Bengkulu yang dilanjutkan dengan nonton bersama film karya anak bangsa mengenai sejarah Bung Karno. (Azhari/SB)