Provinsi Bengkulu, Swara Bengkulu – Terdapat 20 Finalis yang akan bersaing malam ini. Dari jumlah tersebut nantinya akan didapatkan juara 1 sampai dengan 3. Selain itu, kita juga mempunyai kategori untuk diperebutkan, yakni putri Favorite, putri Intelejensi, dan putri Persahabatan.

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Yudi Satria, Pj Walikota Bengkulu Budiman Ismaun, Bupati/Walikota se-Provinsi Bengkulu, Unsur OPD dan FKPD Provinsi Bengkulu serta tamu undangan lainnya

Dalam sambutannya Yudi Satria menjelaskan bahwasannya Putri Pariwisata tidak hanya menarik fisiknya saja tetapi harus menunjukan kualitasnya sebagai Putri Pariwisata.┬áSeorang Putri Pariwisata tidak hanya menarik fisiknya saja namun harus menunjukan kualitasnya sebagai Putri Pariwisata seperti menjaga kearifan lokal dan mampu berperan aktif dalam pembangunan di bidang pariwisata” ujarnya.

Dalam 20 Finalis Yang akan bersaing malam ini. Dan mengerucut menjadi 10 Finalis. Dan 10 finalis tersebut adalah dari :

Bengkulu Selatan

Rejang lebong

Seluma

Bengkulu Tengah

Bengkulu Utara

Kota Bengkulu

Kota Bengkulu

Bengkulu Tengah

Seluma

Kepahiang

Setelah itu baru menjadi 5 Finalis:

-Kota Bengkulu

-Kota Bengkulu

-Bengkulu Tengah

-Bengkulu Selatan

-Rejang lebong

Juara-juara Putri Pariwisata 2018

Juara dalam Kategori: – Intelejensi Bengkulu Utara

-Poto Genic Berbakat Seluma 1

-Putri Persahabatan Bengkulu Selatan 2

-Putri Favorite Bengkulu tengah

Runner Up :

Juara 4 Kota Bengkulu Uci Femelia Sari.

Juara 3. Rejang lebong Mia Reski

Juara2 Kota Bengkulu. Era

Juara 1 Kota Bengkulu Rana Athiya

-Dan Juara Putri Pariwisata Khairu Nisa

Khusus putri Favorite akan ditentukan berdasarkan poling tertinggi dari undangan yang hadir, yang akan diberikan formulir untuk diisi ketika acara akan dimulai, dengan menuliskan salah satu nama putri Favorite mereka. Sedangkan untuk yang lain akan ditentukan lewat penilaian juri, terutama saat mereka menjalani proses karantina . dan juri juri tersebut adalah:

-Lizar Alfansi dari Akademisi

-Hengki Kaliwarang dari Designer

-Astari Indah Putri Pariwisata Nasional Tahun 2017

-Ersando dari Yayasan El Jhon

-Rahmat dari Tokoh Pemuda.

Malam Grand Final ini juri akan menguji kepiawaian finalis menjawab pertanyaan yang diajukan. Nantinya pemenang 1 sampai 3 akan mewakili kota Bengkulu di tingkat Provinsi. Sedangkan untuk yang lain, akan diberdayakan dalam berbagai event Pariwisata Provinsi Bengkulu.(Ameng /SB)