Jakarta, Swara Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Asisten II Yuliswani dan Kepala Dinas Kominfo Jaduliwan, berhasil mencuri perhatian juri Indonesia Attractiveness Award (IAA) CEO Frontier Consulting Group Handi Irawan D. dan Komisaris Tempo Bambang Harymurti, dalam paparan inovasi layanan publik Pemerintah Provinsi Bengkulu , di Co-working Space, Gedung Tempo Lantai 8, Palmerah, Jakarta. 

Ada delapan inovasi yang dipaparkan Gubernur Rohidin, yaitu inovasi perizinan, inovasi pelayanan rumah damping bahagia, inovasi pelayanan rumah sakit daerah, pengembangan layanan pajak kendaraan, inovasi layanan kepegawaian, inovasi administrasi kependudukan, inovasi penurunan tingkat pengangguran, dan inovasi transparansi publik/E-Lapor.

“Kita menyampaikan ada delapan inovasi layanan publik Pemerintah Provinsi Bengkulu, salah satunya terkait dengan perizinan. Dengan penerapan OSS dan sinergi dengan kabupaten kota tenyata meningkatkan nilai investasi yang sangat signifikan, yang awalnya pada tahun 2017 investasi kita masih di bawah satu triliun, setelah menerapkan OSS dan bersinergi dengan kabupaten kota naik diatas 4 triliun. Kita juga mendapatkan testimoni dari para investor kemudahan tersebut sangat dirasakan,” ujar Rohidin usai paparan.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Rohidin mengapresiasi ajang Indonesia Attractiveness Award, menurutnya, ajang tersebut membantu memberi motivasi kinerja, serta membantu  mengukur kinerja yang telah dilakukan pemerintah.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu, untuk selalu memperbaiki mutu layanan publik,” tambahnya.

Indonesia Attractiveness award, digagas Frontier Consulting Group bersama Tempo Media Group, dengan mengembangkan konsep pengukuran Indonesia‚Äôs Attractiveness Index. 

Dengan melihat ranking daerahnya, diharapkan  banyak kepala daerah yang termotivasi dan terinspirasi untuk memajukan daerahnya, agar semakin menarik bagi para investor.

Pada tahun 2019, merupakan tahun ke 3, Provinsi Bengkulu masuk dalam nominasi Indonesia Attractiveness Award. Tahun lalu Bengkulu berhasil membawa pulang penghargaan Provinsi Potensial Infrastruktur dengan kategori platinum. (R17/SB/Rls)