BENGKULU – Dilansir dari situs resmi Covid19.go.id, disebutkan bahwa vaksinasi Booster secara saintifik dapat mengoptimalkan pencegahan penularan virus Covid-19, pencegahan komplikasi gejala hingga kematian. Di sisi lain, vaksinasi Booster juga penting dalam upaya perlawanan terhadap mutasi virus Covid-19 yang terus bermunculan. Sementara itu, capaian vaksinasi Booster di Indonesia masih rendah yaitu baru mencapai 24,99%.

Hal ini yang mendasari Binda Bengkulu untuk terus mengakselerasi vaksinasi di Prov. Bengkulu terutama vaksinasi Booster atau dosis ke 3.

“Berdasarkan data dari Pen-Proud.udata yang diakses pada 15 Agustus 2022, pukul 05.00 WIB, diketahui bahwa capaian vaksinasi Booster atau Dosis ke 3 di Prov. Bengkulu baru mencapai 25.45%. Rendahnya capaian vaksinasi Booster ini dikhawatirkan menjadi kendala dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, ditambah dengan situasi saat ini kasus positif Covid-19 mengalami tren peningkatan,” jelas Kabinda Bengkulu, Zulkarnain S.E.,M.Si.

Zulkarnain juga mengatakan selain mendorong vaksinasi Booster, Binda juga menggelar vaksinasi untuk Dosis 1 dan Dosis 2, dengan berbagai metode vaksinasi mulai dari vaksinasi terpusat dan juga vaksinasi Door to Door.

“Untuk kegiatan vaksinasi hari ini, yang kita laksanakan secara terpusat yaitu di Kantor Samsat Kota Bengkulu, Kantor Samsat Kab. Rejang Lebong, Kantor Desa Agung Jaya Kab. Mukomuko, Kolam Pemancingan Icek Kab. Lebong dan Masjid Nurul Iman Kab. Bengkulu Utara. Sedangkan untuk vaksinasi Door to Door kita laksanakan di Kec. Nasal Kab. Kaur, Kec. Sukaraja Kab. Seluma, Kec. Muara Kemumu Kab. Kepahiang, Kec. Pasar Manna Kab. Bengkulu Selatan dan Kec. Pondok Kelapa Kab. Bengkulu Tengah,” pungkas Zulkarnain.