Seluma, Swarakarya.com – Dalam upaya mencegah serta mengendalikan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Petugas Bhabinkaktibmas Polsek Seluma rutin melaksanakan monitoring pengecekan hewan ternak di beberapa peternak sapi di Desa Lyvuj Sahung, Kecamatan Sukaraja, Seluma, Jumat siang (09/09/2022).

Kapolres Seluma Polda Bengkulu AKBP Darmawan Dwiharyanto, S.Ik, mengatakan melalui kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) anggota terus melaporkan perkembangan dan kendala terkait pencegahan PMK. Hal ini dimaksudkan mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah hukum Polres Seluma.

“Pengecekan kesehatan hewan ternak sapi sangat membantu para peternak sapi untuk mengurangi rasa khawatir akan terjangkit penyakit PMK yang menular pada sapi. Maka kami bersama petugas bersama dengan instansi terkait melakukan pemantauan terhadap hewan ternak tersebut,” ujarnya.

Untuk diketahui apabila hewan ternak mengalami penurunan kesehatan dengan ciri – ciri keluar air liur berlebihan, lepuh pada gusi, luka pada kuku atau kuku terlepas, lepuh pada mukosa mulut, lepuh di lidah, agar segera melapor ke petugas agar segera ditangani dengan cara memberikan pertolongan dengan obat dan vitamin.