Lebong – Dalam upaya antisipasi bencana alam, Kepolisian Resor Lebong Polda Bengkulu bersama stakeholder menggelar apel gelar pasukan dan peralatan bertempat di lapangan Apel Mapolres Lebong, Jum’at (21/10/2022). Seluruh instansi terkait hadir pada kegiatan tersebut diantaranya TNI-Polri, BPBD, Dishub, Satpol PP, Tagana, Dinkes, Senkom, PUPRHUB serta dari Palang Merah Indonesia (PMI).

Bertindak sebagai inspektur dalam apel tersebut Kepala Dinas BPBD Kabupaten Lebong Tantomi, sedangkan komandan apel diemban oleh Kabag Bin Ops Satresanarkoba Polres Lebong Ipda.Welfrid Tobing.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas BPBD menyampaikan bahwa apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka antisipasi dalam menghadapi bencana alam di Kab. Lebong dikarenakan wilayah geografis Kab. Lebong memiliki kontur alam yang sangat besar potensi ancaman bencananya ditambah dengan dampak perubahan cuaca yang sedang terjadi pada saat ini.

“Kabupaten Lebong memiliki daerah perbukitan/dataran tinggi dan dataran rendah yang rentan terhadap bahaya tanah longsor, banjir, pohon tumbang, gempa bumu dan anacaman benacan lainnya. Seperti beberapa tahun yang lalu Kab. Lebong mengalami bencana banjir, gempa bumi dan tanah longsor yang mengakibatkan kerugian materil dan korban jiwa,” jelasnya.

Usai melaksanakan apel, Rombongan juga melihat perkuatan peralatan seluruh unsur penanganan bencana di Kabupaten Lebong yang tergelar di lapangan apel.