Swarabengkulu.com – Untuk mendukung penyediaan pangan yang akan dikonsumsi dalam kondisi aman, bermutu dan bergizi di sekolah dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Balai Pengawasan Obat dan Makanan di Bengkulu melakukan re- launching Festival Joko Paman (Pojok Konsultasi pangan aman) di Aula Hidayah Kantor Walikota Bengkulu, (Senin,14/11/2022).

Festival Joko Paman merupakan Sosialisasi Keamanan Pangan kepada komunitas sekolah SD/MI dan SMP/MTs di Kota Bengkulu yang diikuti oleh 150 sekolah dan akan berlangsung pada 14 hingga 25 November 2022.

Terlaksananya peluncuran Festival Joko Paman yang dilaksanakn oleh BPOM provinsi Bengkulu ini juga tidak terlepas dari bantuan dari Ir.Hamry Gusman Zakariah MM, yang merupakan Motivator dan Founder Motivasi Indonesia yang membantu Balai POM di Bengkulu dalam membantu memotivasi 150 SD/MI- SMP/MTs se-Kota Bengkulu.

Dijelaskan oleh kepala Balai POM Bengkulu Yogi Abaso Mataram, S.Si., Apt. Kegiatan ini diselenggarakan guna membentuk kader-kader keamanan di sekolah dalam membantu BPOM untuk mengawasi pangan yang ada di lingkungan sekolah.

“Pada hari ini ada 150 sekolah yang kita himpun sebagai kader untuk menjadi perpanjangan tangan dari BPOM dalam mengawasi makanan yang mengandung zat berbahaya seperti rodamin, formalin dan boraks di lingkungan sekolah”, ujarnya.

Selain itu, pemerintah Kota Bengkulu dalam hal ini di wakili oleh Sekda Kota Bengkulu memberikan dukungan kepada BPOM yang telah melaunching kegitan Festival Joko Paman ini, dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat membantu menjaga keamanan pangan anak-anak di lingkungan sekolah.

“Kegiatan ini memang sangat penting, kami berharap dengan adanya pojok aman ini nanti semua OPD yang terkait dapat saling bekerjasama, sehingga memberikan rasa aman khusunya kepada orang tua dalam mengawasi jajanan anak yang mengandung zat-zat berbahaya untuk dikonsumsi di lingkungan sekolah”, jelas Sekda Kota Bengkulu Ir. Arif Gunadi, M.Si

Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Bengkulu juga memberikan dukungan terhadap Pojok Konsultasi Pangan Aman ini, karena menurut plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Ibu Sri Martiana, SE, S.Tr.Keb, M.Si, dengan adanya festival ini, Dinas Kesehatan Kota Bengkulu sangat terbantu dalam pemenuhan kesehatan dan pemenuhan gizi anak di lingkungan sekolah.

“Pada prinsipnya dinas kesehatan siap untuk bekerjasam mengawasi kesehatan pangan dan gizi di lingkungan sekolah”, tegasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh pihak Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, bahwasannya pihak Dinas Pendidikan Kota Bengkulu memberikan dukungan untuk mensukseskan festival ini, dengan melakukan pengawasan terhadap pedagang yang berjualan di lingkungan sekolah dan akan terus memperketat pengawasan di lingkungan sekolah untuk menciptakan pangan sehat dan aman.

“Untuk di dalam sekolah kita sudah menghimbau dan sampaikan kepada pihak sekolah untuk mengawasi makanan yang di jual namun untuk diluar pagar sekolah kita juga sudah sampaikan kepada security”, demikian disampaikan oleh Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Drs.Sehmi, M. Pd