Jakarta, Swara-bengkulu.com – KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan Command Center di makodam Jaya/Jayakarta. Pembangunan Command Center yang terlaksana berkat dukungan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta tahun anggaran 2022 ini ditujukan sebagai pusat visualisasi dan integrasi data, baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar (video wall) dengan dukungan teknologi aplikasi Big Data dan Artificial Intelligence.
 
“Command Center Kodam Jaya sangat mumpuni untuk menunjang tugas Kodam Jaya dalam rangka mendukung pihak Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat dalam menjalankan roda pemerintahan, lebih-lebih menjelang tahun politik dimana stabilitas dan kondusifitas sangat perlu di jaga. Ini (Command Center Kodam Jaya/Jayakarta -red) bisa menjadi role model atau Command Center percontohan bagi kotama-kotama lain se Indonesia untuk menjadi bagian dari fungsi operasi Angkatan Darat” ujar KASAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman disela-sela acara peresmian Command Center di Makodam Jaya/Jayakarta, 21 Desember 2022.
 
Selain peresmian Command Center, KASAD juga sekaligus meresmikan Museum Kodam Jaya/Jayakarta, Gedung Persit dan Gedung Dojo di Makodam Jaya/Jayakarta.
 
Dalam peresmian ini, Kasad didampingi oleh Pangdam Jaya Mayjend TNI Untung Budiharto dan sejumlah pimpinan Kodam Jaya. Turut hadir dalam peresmian mantan Pangdam Jaya Jenderal TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.
 
“Yang luar biasa bagi saya adalah kehadiran mantan-mantan Pangdam Jaya. Saya sampai sekarang juga masih minta arahan, ke Pak Suryo, Pak Agustadi, kemudian Pak Sjafrie, sering saya minta petunjuknya,” ucap Dudung yang senang lantaran bisa bertemu dengan para seniornya di tingkat kodam jayakarta.
 
Pada kesempatan yang sama, Pangdam Jaya Mayjend TNI Untung Budiharto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terbangunnya Command Center Kodam Jaya.
 
“Command Center Kodam Jaya ini dibangun berkat dukungan dana hibah DKI Jakarta maka melalui kesempatan ini saya selaku Pangdam Jaya mengucapkan terimakasih kepada semua Pihak yang telah mendukung terbangunnya Command Center Kodam Jaya khususnya kepada Gubernur DKI Jakarta” ujar Pangdam Jaya Mayjend TNI Untung Budiharto disela-sela acara peresmian Command Center yang diselenggarakan bertepatan dengan moment ulang tahun Kodam Jaya/Jayakarta ke 73 dan Angkatan Darat ke 77.
 
“Command Center Kodam Jaya ini dilengkapi dengan ruang tactical war room beserta seluruh perangkat aplikasi pendukungnya seperti sistem informasi Kodam Jaya dimana seluruh kinerja Kodam Jaya beserta jajarannya berbasis data digital, Aplikasi Lapor Cepat dimana para Babinsa dapat melaporkan langsung setiap kejadian atau hal-hal menonjol yang terjadi di lapangan untuk segera bisa ditindaklanjuti, aplikasi Smart Eyes yang terhubung dengan ribuan cctv di DKI Jakarta yang bisa memantau setiap gejala prilaku masyarakat, aplikasi Media Monitoring dan aplikasi lainnya sehingga dapat mendukung Kodam Jaya dalam proses pengambilan keputusan-keputusan maupun tindakan penanganan masalah secara cepat, tepat dan akurat” tambahnya.