Masjid Agung At-Taqwa Kota Bengkulu

Bengkulu, Swarabengkulu.com – Sesuai surat imbauan Wali Kota Bengkulu H Helmi Hasan nomor 360/391/BPBD/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Cuaca Ekstrem dan Perayaan Pergantian Tahun Baru 2023 di Wilayah Kota Bengkulu, Masjid Agung At-Taqwa Kota Bengkulu menggelar Malam Muhasabah.

Surat Wali Kota paling inovatif se-Indonesia yang khas dengan jenggotnya tersebut berisi imbauan agar warga Bengkulu menghindari cuaca ekstrem sebagaimana peringatan dari BMKG dengan tidak merayakan tahun baru di lokasi pantai dalam wilayah Kota Bengkulu.

Selain itu, surat tersebut juga berisi anjuran melaksanakan doa di rumah ibadah masing-masing agar bangsa Indonesia pada umumnya dan Kota Bengkulu pada khususnya terhindar dari bencana serta agar pengelola tempat wisata dan biro perjalanan selalu mengutamakan keselamatan wisatawan.

Imam Masjid Agung At-Taqwa, Ustaz Ibnu Ali Harakan Basalamah, mengatakan, rangkaian kegiatan malam muhasabah akan dimulai dari Magrib berjamaah, Sabtu (31/12/2022).

“Malam Muhasabah akan diisi dengan upaya mengajak saudara-saudara muslim kita yang berada di Pantai Panjang ke Masjid Agung At-Taqwa untuk mengisi kegiatan pada malam pergantian tahun ini dengan hal-hal yang mengundang rida Allah subhanahu wata’ala,” kata Ustaz Ali.

Ia menjelaskan, diantara kegiatan yang disepakati dalam musyawarah harian ba’da Subuh yang digelar di masjid kebanggaan warga Bengkulu itu adalah Usaha Memakmurkan Masjid.

“Ada dakwah on the street dan dakwah in the beach. Nanti pekerja-pekerja dakwah akan menyebar di keramaian dan Pantai Panjang dengan santun dan ramah mengajak warga untuk sama-sama memakmurkan masjid dengan doa dan ibadah,” papar Ustaz Ali.

Ia menambahkan, Malam Muhasabah juga diisi dengan Solat Sunah Tasbih Berjamaah dan Nonton Bareng Film Sayyidana Umar bin al-Khattab radhiallahu ‘anhu.

“Sebelum ditutup dengan doa akan ada muhasabah, merenungi dosa-dosa yang telah lalu agar tidak terulang kembali di tahun 2023. Tinggalkan kemaksiatan 2022, isi 2023 dengan ketaatan kepada Allah subhanahu wata’ala,” imbuh Ustaz Ali.

Ia menambahkan, kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis.

“InsyaAllah panitia akan menyiapkan hidangan jagung rebus, kopi dan lain-lain sebagai penguat dakwah, taklim, zikir dan ibadah yang akan dilakukan malam ini,” demikian Ustaz Ali.