jumat curhat

Swarabengkulu.com – Kembali, Kapolres Rejang Lebong Polda Bengkulu AKBP Tonny Kurniawan, S.I.K., bersama Kapolsek Curup Iptu Singgih, menggelar Jumat Curhat. Kegiatan ini dilaksanakan di Gapeknas dan dihadiri masyarakat Kelurahan Adirejo Rejang Lebong, Jumat (6/1/2023) pagi.

Kegiatan Jumat Curhat juga dihadiri Staf Ahli Bupati RL, Ketua DPRD Rejang Lebong, perwakilan Dandim, para PJU Polres RL, perangkat kecamatan, dan perangkat kelurahan setempat.

Disampaikan Kapolres, Polres Rejang Lebong dan Polsek jajaran menjalankan kegiatan Jum’at Curhat yang merupakan program Quick Wins yang digagas Kapolri.

“Kegiatan Jum’at Curhat adalah cara Polri, khususnya Polres Rejang Lebong dan jajaran untuk mendengar langsung permasalahan atau keluhan yang dirasakan secara menyeluruh sampai ke tingkat desa,” kata Kapolres.

  1. Kegiatan Jum’at curhat untuk menampung keluhan masyarakat Kab. Rejang Lebong terhadap kepolisian yang berkaitan dengan layanan kepolisian.
  2. Setiap Jum’at, jajaran Polres Rejang Lebong akan menyambangi desa tertentu untuk mendengar curhatan masyarakat.
  3. Kegiatan ini akan dilakukan rutin setiap pekan dengan melibatkan masyarakat secara langsung

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Rejang Lebong juga menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Program tersebut merupakan atensi yang luar biasa dan apresiasi pemerintah terhadap Polres Rejang Lebong.
  2. DPRD Kab. Rejang Lebong akan berkolaborasi dengan Polres Rejang Lebong untuk menampung aspirasi dari masyarakat dan akan segera ditindak lanjuti.

Kegiatan dilanjutkan tanya jawab oleh Kapolres Rejang Lebong dengan warga masyarakat untuk mendengar secara langsung informasi, keluhan, aduan, saran, kritik dan masukan dari masyarakat kepada Kepolisian terkait semua permasalahan yang terjadi maupun terkait Harkamtibmas.

Adapun, keluhan dari masyarakat diantaranya:

  1. Permintaan solusi mengenai adanya kesalahpahaman antara Karang Taruna Kel. Adirejo dengan tukang ojek di Kel. Adirejo. (Soni Eka Putra Ketua ojek Pangkalan Adirejo)
  2. Permintaan solusi masalah tilang Elektronik jika orang yang ditilang tidak berdomisi di Kel. Adirejo. (Rajiman ketua RT III Kel. Adirejo)
  3. Solusi tentang masalah pembangunan Kantor Lurah Kel. Adirejo yang sangat memperihatinkan.
  4. Keluh kesah masyarakat tentang penggunaan knalpot brong yang sangat mengganggu masyarakat Kel. Adirejo pada saat Sholat Jum’at. (Herman Syarofi)
  5. Solusi tentang kendaraan yang diblokir saat dibeli oleh masyarakat dan besaran dana untuk balik nama.
  6. Terima kasih kepada Polres Rejang Lebong terkait masalah pelimpahan sampah pembangunan Polres Rejang Lebong.
  7. Permohonan bantuan untuk tanah pemakaman di Kel. Adirejo yang semakin sempit sedangkan masyarakat semakin banyak.
  8. Kendala permasalahan surat hibah tanah parkir dari Pemda ke Polres Rejang Lebong untuk membayar pajak tidak diterima dikarenakan a.n Saiful ada 2 orang.
  9. Masyarakat Kel. Adirejo merasa dirugikan atas pembangun Polres Rejang Lebong dikarenakan saat hujan lebat tanah dari pembagunan polres turun ke kolam.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Rejang Lebong mempromosikan tentang adanya Lapor Pak Kapolres dan Lapor Pak Kapolsek untuk pengawalan dan di akhiri oleh pembagian Baju Lapor Pak Kapolres.