Jalan Santai Kerukunan HAB ke-77 Meriah, Sepakat Usung ‘Damai Umat Beragama’

Swarabengkulu.com – Jalan santai kerukunan dilingkungan Kanwil Kemenag Bengkulu memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama (Kemenag) berlangsung meriah. Kegiatan ini diikuti ribuan masyarakat, dan dilepas oleh Gubernur H. Rohidin Mersyah didampingi Kakanwil H. Muhammad Abdu.,S.Pd.I.,M.M, Wakil Walikota Dedi Wahyudi,S.E.,M.M. Sabtu, (14/1/2023).

Acara juga bersamaan dengan deklarasi kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat dimana masyarakat Bengkulu yang diwakili semua lintas tokoh agama, pemuda lintas agama, serta jajaran ASN Kemenag yang diwakili Kakan Kemenag se-Provinsi Bengkulu sepakat mengusung damai umat beragama di Provinsi Bengkulu.

Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia ini, mengambil star di Kanwil Kemenag Jalan Basuki Rahmad – melintasi Sentiong, Kelurahan Belakang Pondok – Jalan Pengantungan dan melintasi kawasan Jalan Suprapto dan finish kembali ke Kanwil Kemenag.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu H. Muhammad Abdu.,S.Pd.I, MM mengungkapkan, ada empat poin yang dideklarasikan dalam momentum jalan santai kerukunan pada tahun ini. Diantaranya yakni, memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebhinekaan yang menjadi anugrah terbesar bangsa Indonesia.

“Kemudian mengukuhkan gerakan Moderasi Beragama untuk seluruh umat beragama guna mewujudkan kehidupan sosial yang rukun dan harmonis. Serta menghindari segala bentuk ujaran kebencian, berita bohong dan berkomitmen untuk tidak menggunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye,” kata Kakanwil.

“Deklarasi dan kemeriahaan jalan santai ini, tentu akhirnya bertujuan untuk silaturahmi dan kebersamaan,’’ lanjut Kakanwil.

Dikesempatan yang sama, Gubernur Bengkulu H. Rohidin Mersyah dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas kebersamaan, kekompakan yang begitu antusias seluruh masyarakat khususnya jajaran Kemenag Provinsi Bengkulu yang dikemas dalam jalan santai kerukunan ini.

“Kita berharap, kesepakatan dalam deklarasi ini benar-benar diwujudkan untuk Provinsi Bengkulu yang damai dan harmonis,” pinta mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan itu.

Karenanya Gubernur meminta kepada masyarakat, agar menjadi pelopor teladan dan menggelorakan nilai-nilai kebersamaan dan kerukunan di Bengkulu.

‘’Untuk menjadi pelopor tersebut, tentu kita harus mengawali indahnya silaturahmi dan keharmonisan,’’ demikian Gubernur.

Acara sendiri berlangsung penuh keakraban, para peserta semua lintas agama, pejabat membaur dalam perbedaan. Tetapi satu dalam barisan. Dalam kegiatan tahunan ini, panitia telah mempersiapkan ribuan kupon untuk kemudian dibagikan Doorprize.