Peduli Sejarah, Kapolda Bengkulu Kunjungi Rumah Fatmawati dan Rumah Bung Karno Saat Pengasingan

Bengkulu, Swarabengkulu.com – Sebagai Wujud peduli akan sejarah yang terjadi, Selasa (24/01/2023) Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs, Armed Wijaya, M.H., mengunjungi situs rumah pengasingan Bung Karno dan juga rumah Fatmawati yang ada di Kota Bengkulu.

Rumah pengasingan bung Karno yang berada di kawasan Kelurahan anggut Kota Bengkulu tersebut merupakan kediaman sang proklamator kemerdekaan republik Indonesia Ir. Soekarno selama di Bengkulu sedangkan rumah Fatmawati merupakan rumah tempat tinggal ibu negara pertama dan juga tempat di jahitnya bendera merah putih.

Dalam penyampaiannya, Kapolda Bengkulu menyampaikan agar bangunan asli tetap dipertahankan sesuai aslinya dan jangan sampai ada pemugaran agar generasi penerus dapat membayangkan kondisi pada saat sejarah terjadi.

Kunjungan Kapolda Bengkulu di dua situs sejarah tersebut didampingi beberapa pejabat utama, Kapolresta Bengkulu serta Pengurus bhayangkari Daerah Bengkulu.

Selama kunjungannya, Kapolda Bengkulu beserta istri menyempatkan diri untuk berpoto dan memegang mesin jahit yang di pergunakan untuk menjahit sang saka merah putih.

Kapolda Bengkulu beserta rombongan tampak antusias mendengarkan penjelasan dari tour guide yang ada di dua situs sejarah tersebut.